CIMB Principal Asset Management Luncurkan ”Reksadana CIMB-Principal Cash Fund”
 

Press Release

Senin, 9 January 2012

CIMB Principal Asset Management Luncurkan ”Reksadana CIMB-Principal Cash Fund”

Gandeng CIMB Niaga untuk pemasaran produk terbaru tersebut



JAKARTA
. Hari ini, PT CIMB-Principal Asset Management (“CPAM”) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (”CIMB Niaga”) melakukan penandatanganan kerjasama untuk pemasaran produk Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund.  Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund merupakan produk reksa dana terbaru CPAM yang diluncurkan pada 23 Desember 2011, sebagai alternatif investasi pada reksa dana pasar uang bagi masyarakat luas.

Reita Farianti, Direktur  CPAM mengungkapkan,  pembentukan Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund dilatarbelakangi oleh upaya untuk memenuhi kebutuhan investasi jangka pendek untuk masyarakat luas. Produk ini sekaligus sebagai alternatif investasi jangka pendek di pasar uang, dengan tingkat pengembalian yang lebih menarik dibandingkan dengan deposito.

” Nasabah juga akan memiliki akses investasi yang lebih luas dengan dana yang terbatas. Selain itu, Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund sangat likuid, dimana nasabah dapat mencairkan dananya setiap saat,” terang Reita.

Sementara itu, Budiman Tanjung, Head of Preferred, Private & Wealth Management CIMB Niaga menambahkan, selama ini telah terjalin kerjasama yang baik antara CIMB Niaga dengan CPAM. ”Produk Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund sebagai jawaban bagi kebutuhan nasabah CIMB Niaga untuk investasi jangka pendek dengan tingkat pengembalian yang maksimal,” kata Budiman.

Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund akan dikelola oleh tim investasi CPAM secara profesional dengan target pengembalian maksimal. Hal ini di mungkinkan karena Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund memiliki pedoman investasi 100% pada instrumen pasar uang dalam negeri, dan Efek bersifat utang yang jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun. Akses berinvestasi pada instrumen pasar uang tersebut diharapkan dapat memberikan tingkat pertumbuhan yang cukup menarik. Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund sesuai bagi investor dengan profil risiko rendah dengan horison investasi jangka pendek. 

”Dengan diluncurkannya Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund, kami berharap akan menambah product range yang kami kelola bagi nasabah, sesuai dengan kebutuhan investasinya. Selain itu, juga dapat memberikan pertumbuhan investasi yang menarik untuk menjawab kebutuhan nasabah sesuai dengan profil risiko yang dimiliki nasabah,” pungkas Reita.

Ringkasan Produk Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund
Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund, yang telah mendapatkan pernyataan efektif dari Bapepam dan LK pada tanggal 16 November 2011, bertujuan untuk mempertahankan nilai investasi dan memperoleh tingkat pengembalian yang sesuai dengan tingkat risiko yang dapat diterima dalam jangka menengah, melalui investasi pada instrumen pasar uang dalam negeri dan Efek Bersifat Utang dalam mata uang rupiah atau mata uang asing lainnya yang berjangka pendek (jatuh tempo di bawah 1 tahun).  Produk reksa dana ini diyakini bisa memberi manfaat bagi investor dan masyarakat secara umum dengan adanya kinerja yang cukup menarik, yang dikelola oleh manajer investasi profesional.

CIMB-Principal Cash Fund, akan melakukan investasi dengan komposisi portofolio Efek sebesar 100% (seratus persen) pada instrumen pasar uang dalam negeri, dan atau Efek bersifat utang yang telah dijual dalam Penawaran Umum dan/atau diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia yang mempunyai sisa jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun, dalam mata uang rupiah maupun mata uang asing lainnya; sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Minimum investasi Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund adalah sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). Investor tidak dikenakan biaya pembelian dan biaya penjualan kembali.

Harap membaca prospektus Reksa Dana CIMB-Principal Cash Fund untuk keterangan lebih lengkap.

Tentang PT CIMB-Principal Asset Management

PT CIMB-Principal Asset Management (”CPAM”) adalah perusahaan Manajer Investasi (”MI”) regional yang telah beroperasi di Indonesia dengan izin Bapepam-LK sejak tahun 1997.

CPAM sebagai Manajer Investasi, didukung oleh tenaga-tenaga profesional yang berkualifikasi sesuai dengan ijin yang diberikan oleh Ketua Bapepam-LK yang terdiri dari Komite Investasi, Analis Riset, dan Tim Pengelola Investasi. Dengan dukungan dari Tim Pengelola Investasi yang memiliki pengalaman, pendidikan dan keahlian di bidang pasar modal maupun di bidang pasar uang, MI akan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para nasabahnya.

PT CIMB-Principal Asset Management saat ini mengelola 18 (delapan belas) Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif, yaitu UGM CIMB-Principal Balanced, CIMB-Principal Balanced Growth, CIMB-Principal Bond, CIMB-Principal CPF CB I, CIMB-Principal CPF CB III, CIMB-Principal Dollar Bond, CIMB-Principal Equity Aggresive, CIMB-Principal Income Fund A, CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah, ITB-Niaga, CIMB Islamic Sukuk I Syariah, CIMB Islamic Sukuk II Syariah, CIMB-Principal CPF IX, CIMB-Principal CPF VI, CIMB-Principal CPF VII, CIMB-Principal CPF VIII, CIMB-Principal CPF X dan CIMB-Principal CPF XI.

Kepemilikan saham CPAM yaitu 60% oleh CIMB-Principal Asset Management Berhad dari Malaysia, sebuah perusahaan MI yang dimiliki oleh CIMB Group (tercatat di Bursa Malaysia melalui Bumiputera-Commerce Holdings Berhad (BCHB) dan 40% oleh Principal Financial Group (perusahaan jasa keuangan dari Amerika Serikat yang merupakan Fortune 500 Company). CIMB Group sendiri merupakan perusahaan Regional Investment Bank ternama di Malaysia yang memberikan jasa keuangan dan pasar modal secara terintegrasi. Jasa keuangan tersebut antara lain mencakup Corporate finance, Debt markets dan derivatives, Equity markets, Islamic capital markets, Private banking, Private equity and research, serta Asset management. Mengenai pemegang saham, CIMB-Principal Asset Management Berhad merupakan perusahaan toptier perusahaan Manajer Investasi di Malaysia dan terbesar untuk pengelolaan dana institusi. Seluruh kegiatan usaha Manajer Investasi ini didukung oleh tim riset yang solid baik di Indonesia maupun secara regional (Malaysia, Singapore, Hongkong dan Thailand).

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

PT CIMB-Principal Asset Management
Telp : 021- 515 1180
E mail:
mkt.id@cimb.com
www.cimb-principal.co.id

 

Kembali ke Atas

Print this page Bookmark this page
Berita